SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA, APAKAH SUDAH BENAR?

Image

Oleh: Fadhlan Dwiansyah

Intelektual seseorang menjadi salah satu tolak ukur yang menjadi keberadaan manusia itu diakui oleh manusia lainnya, dengan kata lain yang menjadikan manusia itu manusia yang sesungguhnya adalah dengan berpikir.

Berkaitan dengan intelektualitas, jalan yang secara formal untuk meningkatkan intelektualitas adalah dengan pendidikan. Jika kita hubungkan dengan Pendidikan di Indonesia sekarang ini dan berpikir secara kontemplatif maka kita akan menemukan sejumlah fakta-fakta yang pantas kita kritisi terlebih lagi UUD 1945 yang sebagai Konstitusi negara Republik Indonesia mengatur tentang pendidikan.

Bahwa pada pembukaan UUD 1945 alinea ke 4 yang berbunyi:

“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertibatn dunia…”

Apabila kita melihat bunyi pembukaan UUD tersebut, apakah kita tidak merasa heran? Relevankah pernyataan diatas (kata yang dicetak tebal) dengan keadaan bangsa Indonesia sekarang?

Secara logika, saya berpikir bahwa kata “mencerdaskan bangsa” disana adalah tujuan daripada bangsa Indonesia ini, artinya bahwa Indonesia ini dibentuk salah satunya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kalau kita relevansikan dengan kehidupan sekarang, mengapa rakyat Indonesia harus bersusah payah untuk mendapatkan pendidikan dengan membayar biaya-biaya yang kita tahu jumlahnya tidak sedikit, apakah anak jalanan yang bekerja demi sesuap nasi bisa mendapatkan pendidikan dengan mudah? Mengingat pernyataan tadi bahwa mencerdaskan kehidupan bangsa adalah tujuan negara ini.

Diperkuat lagi oleh pasal 31 ayat 1 UUD 1945 Bab XIII Pendidikan dan Kebudayaan:

“Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.”

Ini sudah sangatlah jelas bahwa apa yang menjadi konstitusi dari negara ini sudah tidak relevan di zaman sekarang ini, untuk itu perubahan sekecil apapun untuk merubah bangsa ini ke arah yang lebih baik sangat diperlukan untuk membentuk suatu pemerintahan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

One Response to SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA, APAKAH SUDAH BENAR?

  1. Meitisya hatizah mengatakan:

    Memang benar, contoh nya, taman kanak” seharusnya TK/taman kanak” adalah taman bermain,tp mengapa TK/taman kanak” adalah tempat untk anak” belajar tanpa istirahat di usia seperti itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: